Cara Menangani Kolik Pada Bayi

Bayi anda rewel, sering menangis tanpa sebab. Perlu anda ketahui, mungkin bayi anda sedang mengalami kolik. Kolik yang dialami pada bayi dapat membuat bayi kita menjadi rewel bahkan hingga menyebabkan bayi menangis setiap hari. pada dasarnya, kolik bukanlah termasuk kedalam golongan penyakit yang diderita pada bayi. Kolik merupakan suatu kondisi dimana bayi anda menangis dalam kurun waktu lebih dari 3 jam per harinya. Tangisan pada bayi bahkan tidak dapat dihentikan oleh orang tua. Pada saat itulah anda bisa menyimpulkan bayi anda terkena kolik.

Kolik yang parah juga bisa terjadi dan membuat bayi menangis hingga lebih dari 3 jam bahkan sampai 6 jam dalam sehari. Saat bayi mengalami koloik, mungkin beberapa orang tua sempat merasakan kepanikan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan agar bayi berhenti menangis. Sebelum lebih jauh mengetahui cara menangani bayi yang sedang kolik, alangkah baiknya untuk mengetahui tanda – tanda yang dapat diketahui bahwa bayi anda sedang dilanda kolik. Yaitu :

  • Sepanjang malam bayi menangis, bahkan tangisan bayi diiringi dengan suara teriakan yang keras pada saat menangis. Maka dipastikan bayi anda mengalami kolik.
  • Tangisan bayi terjadi kapan saja dan tidak mengenal waktu, baik pagi, siang, ataupun malam. Tetapi bayi yang mengalami kolik, akan lebih sering menangis pada sore dan malam hari.
  • Tangisan pada bayi disertai dengan perubahan wajah yang memerah pada si kecil, kaki terangkat sampai ke perut, dan kaki bayi menjadi dingin.
  • Bayi yang sedang mengalami kolik akan mengepalkan tangannya erat – erat dan tidak mau menyusu pada ibu. Tanda lainnya juga bayi yang sedang mengalami kolik akan lebih sering kentut, karena saat menangis banyak udara yang masuk kedalam tubuh si kecil.
  • Bayi merasa tidak nyaman seolah merasa kesakitan.

Penyebab kolik pada bayi memang belum dapat diketahui secara pasti. Namun beberapa dokter menyimpulkan, penyebab kolik pada umumnya terjadi akibat alergi terhadap makanan yang dikonsumsi bayi, perubahan yang terjadi pada sistem pencernaan bayi, serta dari kebiasaan ibu hamil yang sering merokok pada saat mengandung.

Adapun cara mengatasi bayi yang sedang kolik ialah anda cukup memberikannya obat pereda kembung. Selain memberikan obat pereda kembung, anda juga dapat memberikan probiotik kepada bayi anda, probiotik memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan saluran pencernaan pada bayi sehingga bayi anda tidak merasakan nyeri pada perutnya. Anda juga dapat memberinya obat kolik yang sesuai dengan anjuran resep dokter.

Selain itu. Ketika bayi anda mengalami kolik, anda juga dianjurkan untuk melakukan hal – hal berikut. Diantaranya :

  • Memperhatikan posisi bayi saat sedang menyusui. Usahakan ketika anda sedang menyusui bayi anda, pastikan posisi bayi selalu dalam posisi tegak agar tidak mudah memberikan celah masuknya gas atau angin ke bayi.
  • Mengganti pola makan bayi. Cobalah untuk mengganti makanan atau susu formula pada bayi anda ketika bayi anda menangis seharian tanpa henti. Bisa saja bayi anda alergi terhadap makanan atau susu formula yang dikonsumsinya selama ini.
  • Pastikan memilih dot atau botol susu yang benar. Pilihlah dot atau botol susu yang tidak memungkinkan dimasuki udara, sehingga susu terisi penuh pada dot bayi.

Hal penting lainnya yang dapat anda lakukan ketika bayi anda mengalami kolik ialah, senantiasa melakukan gerakan yang dapat membuat bayi anda sendawa, agar angin yang ada dalam tubuh bayi dapat dikeluarkan. Caranya cukup mudah dengan menepuk – nepuk bagian punggung bayi secara halus sampai bayi bersendawa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *